Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Prinsip Diabetes Self Management Education (DSME) Terhadap Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Tipe II

Kharisma, Reksy Rizki (2019) Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Prinsip Diabetes Self Management Education (DSME) Terhadap Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Tipe II. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1505025115_ REKSY RIZKI KHARISMA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1505025115_ REKSY RIZKI KHARISMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini penyakit Diabetes Mellitus (DM) atau yang dikenal di masyarakat sebagai penyakit kencing manis semakin banyak dijumpai pada penduduk di dunia (Fransisca, 2012). Angka prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia menunjukkan kecenderungan meningkat yaitu dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018 (Riskesdas, 2018). Bentuk penatalaksanaan DM tipe 2 untuk mencegah komplikasi dapat dimulai dengan edukasi yang dapat mengubah gaya hidup dan perilaku pasien. Edukasi yang diberikan meliputi pemahaman tentang perjalanan penyakit DM, pentingnya pengendalian dan pemantauan DM, penyulit dan resikonya, intervensi farmakologi dan non farmakologi serta target perawatan, dan lain-lain. DSME merupakan suatu proses yang memfasilitasi pengetahuan, keterampilan dan kemampuan perawatan mandiri (self care) yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes Funnel dkk (2010). Pendekatan prinsip Diabetes Self Management Education (DSME) dapat meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan diet pada penderita DM tipe 2. Metode penelitian ini menggunakan pre-eksperiment dengan one group pretest-posttest design membandingkan hasil data responden sebelum dan sesudah diberikan perlakuan di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan. Kesimpulan, Hasil peneltian ini ada Pengaruh Edukasi Gizi Diabetes Self Management Education (DSME) dengan kepatuhan diet pasien DM tipe II dan ada perbedaan yang bermakna antara Kepatuhan Diet Sebelum Intervensi dengan Kepatuhan Diet Sesudah Intervensi, p value > 0,05 dengan nilai t negative (-14,001).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:56
Last Modified: 06 Sep 2022 07:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16960

Actions (login required)

View Item View Item