Hubungan Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, dan Penerapan Nilai-nilai Kemuhammadiyahan dengan Kinerja Karyawan di RS Islam Jakarta Pondok Kopi Tahun 2019

Nuranisah, Hana (2019) Hubungan Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, dan Penerapan Nilai-nilai Kemuhammadiyahan dengan Kinerja Karyawan di RS Islam Jakarta Pondok Kopi Tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1505015058_HANA NURANISAH.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1505015058_HANA NURANISAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumah sakit sebagai organisasi yang padat karya sangat bergantung kepada sumber daya manusia nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya organisasi, gaya kepemimpinan, dan penerapan nilai-nilai kemuhammadiyahan dengan kinerja karyawan non medis di RS Islam Jakarta Pondok Kopi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui pengisian kuesioner dan data sekunder yang didapatkan dari informasi data tertulis. Sampel pada penelitian ini berjumlah 140 responden dengan menggunakan teknik sampling aksidental. Metode analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki kinerja dan budaya organisasi yang kurang baik, pandangan gaya kepemimpinan transaksional terhadap pimpinannya, dan penerapan nilai-nilai kemuhammadiyahan yang baik. Uji Chi-Square menunjukkan ada hubungan antara variabel budaya organisasi (Pvalue 0,027) dan variabel gaya kepemimpinan (Pvalue 0,000) dengan kinerja karyawan. Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan kinerja yaitu variabel penerapan nilai-nilai kemuhammadiyahan (Pvalue 0,692). Dengan adanya penelitian ini diharapkan rumah sakit lebih memperhatikan budaya rumah sakit agar sesuai dengan visi dan misi rumah sakit. Selain itu rumah sakit juga perlu memperhatikan gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam memimpin karyawannya, serta mengintensifkan pemahaman nilai-nilai kemuhammadiyahan pada seluruh aspek pengelolaan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:43
Last Modified: 05 Sep 2022 07:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item View Item