Hubungan Tekanan Panas Dengan Kejadian Heat Strain Pada Pekerja Pabrik Kerupuk Di Wilayah Kotamadya Jakarta Barat Tahun 2020

Rini, Lia Candra (2022) Hubungan Tekanan Panas Dengan Kejadian Heat Strain Pada Pekerja Pabrik Kerupuk Di Wilayah Kotamadya Jakarta Barat Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KM_1605015205_LIA CANDRA RINI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KM_1605015205_LIA CANDRA RINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tekanan panas merupakan kumpulan panas yang berasal dari faktor lingkungan (suhu udara), faktor individu (umur, jenis kelamin, status obesitas, status hidrasi, status aklimatisasi, status kesehatan, dan pakaian kerja ) serta aktivitas fisik (beban kerja) yang dapat mengeluarkan panas. Seseorang yang terkena paparan panas dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kejadian heat strain. Heat strain merupakan respon tubuh terhadap tekanan panas yang diterima oleh seseorang. Suhu rata-rata di tiga Pabrik Kerupuk Wilayah Kotamadya Jakarta Barat tertinggi mencapai 33,6⁰C, dimana NAB suhu iklim kerja panas hanya mencapai 26,7⁰C. Sehingga, kondisi tersebut dapat mengganggu kenyamanan pekerja dan meningkatkan gejala akibat paparan panas. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui hubungan tekanan panas dengan kejadian heat srain pada pekerja pabrik kerupuk di Wilayah Kotamadya Jakarta Barat tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan pengukuran langsung menggunakan alat ukur dan kuesioner pada pekerja Pabrik Kerupuk di Wilayah Kotamadya Jakarta Barat dengan jumlah sampel 70 responden serta teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan menggunakan chi square. Hasil penelitian menujukkan terdapat hubungan antara umur (Pvalue = 0,005), status hidrasi (Pvalue = 0,000), status aklimatisasi (Pvalue = 0,001), dan tekanan panas (Pvalue = 0,026) dengan kejadian heat strain, sedangkan status obesitas (Pvalue = 0,198) dan beban kerja (Pvalue = 0,143) tidak ada hubungan dengan kejadian heat strain. Dengan demikian, pada penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tekanan panas dengan kejadian heat strain pada pekerja pabrik kerupuk di Wilayah Kotamadya Jakarta Barat tahun 2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:59
Last Modified: 02 Sep 2022 07:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16932

Actions (login required)

View Item View Item