Hubungan Asupan Energi, Protein, Kepatuhan Mengkonsumsi Obat dan Dukungan Keluarga Terhadap Status Gizi Penderita TB Paru di Puskesmas Cipinang Besar Utara

Febiyani, Nanda Fitria (2019) Hubungan Asupan Energi, Protein, Kepatuhan Mengkonsumsi Obat dan Dukungan Keluarga Terhadap Status Gizi Penderita TB Paru di Puskesmas Cipinang Besar Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1505025095_ NANDA FITRIA FEBIYANI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1505025095_ NANDA FITRIA FEBIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tuberkulosis Adalah Penyakit Menular Langsung Yang Disebabkan Oleh Bakteri Mycrobacterium Tuberculosis. Kuman Mycobacterium Tuberculosis Biasanya Masuk Ke Dalam Tubuh Manusia Melalui Udara Pernafasan Ke Dalam Paru. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan TB Adalah Asupan Energi Protein, Kepatruhan Mengkonsumsi Obat Dan Dukungan Keluarga. Tujuan Penelitian Adalah Untuk Menganalsis Hubungan Asupan Energi Protein, Kepatuhan Mengkonsumsi Obat Dan Dukungan Keluarga Terhadap Status Gizi Penderita TB Paru Di Puskesmas Cipinang Besar Utara. Dalam Penelitian Ini, Metodologi Yang Digunakan Adalah Dengan Pendekatan Kuantitatif Cross Sectional. Sampel Adalah Pasien Rawat Jalan TB Paru Di Puskesmas Cipinang Besar Utara Sebanyak 56 Orang Dengan Menggunakan Teknik Pengambilan Sampel Dengan Simpel Random Sampling. Analisis Dilakukan Dengan Metode Analisis Univariat Dan Bivariat. Analisis Bivariat Menggunakan Uji Chi Square. Hasil Univariat Menunjukan Responden Dengan Asupan Energi Cukup 51,8%, Asupan Protein Cukup 58,9%, Kepatuhan Mengkonsumsi Obat Patuh 94,4%, Dukungan Keluarga Tidak Baik 53,6% Dan Status Gizi Normal 55,4%. Hasil Bivariat Menunjukan Adanya Hubungan Asupan Energi Dengan Status Gizi (Pvalue = 0,000), Adanya Hubungan Asupan Protein Dengan Status Gizi (Pvalue = 0,000) Dan Adanya Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Status Gizi (Pvalue = 0,000). Dapat Disimpulkan Bahwa Metabolisme Yang Meningkat Dapat Menyebabkan Kebutuhan Zat Gizi Makro Meningkat Serta Dukungan Keluarga Salah Satu Faktor Eksternal Peningkatan Status Gizi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:33
Last Modified: 30 Aug 2022 06:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item View Item