Manifesto Gerakan Intelektual Profetik

m abdul halim, sani Manifesto Gerakan Intelektual Profetik. Other. Uhamka.

[thumbnail of MGIP Singkat.pdf]
Preview
Text
MGIP Singkat.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Bismillaahirrahmannirrahim, dengan segala kerendahan hati
penulis mengucapkan syukur kepada Allah Swt, atas berkah, rahmat dan pertolongan-Nya sehingga buku Manifesto Gerakan Intelektual Profetik edisi Revisi ke 2 dapat terselesaikan sesuai dengan waktunya. Karena tanpa pertolongan dan hidayah-Nya buku edisi Revisi ini tidak mungkin hadir ditangan pembaca.
Buku tersebut merupakan jawaban atas paradigma Ikatan
yang selama ini berbeda masing-masing pimpinan dari tingkatan Pusat hingga Komisariat. Buku ini juga melengkapi literatur Ikatan yang sudah jarang ditemukan serta menjadi bahan bacaan bagi yang mengkaji paradigma profetik dalam gerakan kemahasiswaan khususnya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.
Buku ini, merupakan refleksi dari pengalaman berorganisasi,
sehingga lahirlah tulisan Manifesto Gerakan Intelektual Profetik (GIP). Manifesto GIP dalam edisi revisi ada 13 belas sub pokok bahasan yang tadinya ada dua belas sub pokok bahasan. Penambahan satu pokok bahasan merupakan kontruksi masyarakat ideal yang oleh ikatan dengan mencontoh proses kota ideal yang dilakukan oleh nabi Muhammad dalam membangun peradaban. Sedangkan pada setiap bab adanya materi untuk memperdalam merperkaya wacana pembaca ditambahkan seperti pengetahuan yang menjadi dasar dalam ikatan seperti penjelasan warna merah, yang diturunkan dalam proses perkaderan dan penjelasan konsep falsafah perkaderan, model
gerakan kenabian dalam melakukan transfromasi sosial sehingga dapat dijadikan model oleh ikatan, selanjutnya tentang konsep integrsi keilmuan dalam Islam dan kontekstualisasinya ikatan dan merelasikan Muhammadiyah. Penambahan bab dan pendalaman dari masing-masing bab diharapkan menambah ”gizi” bagi yang membaca
Penulis menyampaikan terimakasih kepada Prof. Dr. H. Abdul
Munir Mulkhan SU, selalu guru Besar Emeritus UMS ditengah
kesibukannya meluangkan waktu untuk menuliskan kata prolog bukuini, selanjutnya kepada Prof. Dr. H. Zakiyuddin Baidhawy, MA salahsatu Cendekiawan Muhammadiyah dan Rektor IAIN Salatiga, yang telah memberikan epilog pada buku yang berada ditangan pembaca.
Penulis juga mengucapkan terimakasih pada Cak Makrus dengan
penerbit Litera-nya yang mau menerbitkan ulang revisi ManifestoGIP yang ke-2. Untuk sekian kali penulis menyampaikan terima kasihpada Istri Ifa Rachim yang telah mengajarkan bagaimana berbagidan memberi tanpa menuntut balas, serta kado yang terindah daripernikahan dengan adaya Syahmina Kenzie Ahsa dan Shina RafaniaAhsa yang menginspirasi dalam selalu mecoba dan tak putus asa dengan sesuatu yang baru. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepadaberbagai pihak yang tidak dapat dituliskan satu persatu, semoga amalteman-teman semuanya dapat diterima dan mendapatkan balasanyang maksimal dari Allah Swt.

Kampung Pitra-Depok, 07 Juli 2020
Muhammad Abdul Halim Sani

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: Muhammad Abdul Halim Sani
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:07
Last Modified: 30 Aug 2022 06:07
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16896

Actions (login required)

View Item View Item