Pengabdian Masyarakat Peningkatan Kewaspadaan Komplikasi Hipertensi

Betty Semara Laksmi, Betty dan Endin Nokik Stujanna, Endin Pengabdian Masyarakat Peningkatan Kewaspadaan Komplikasi Hipertensi. non published. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Pengmas] Text (Laporan Pengmas)
1. BETY LAPORAN PARI 2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan: sarana kesehatan yang ada di pulau Pari berupa sebuah Pos Kesehatan dan Posyandu, dengan sarana pelayanan dan petugas yang terbatas. Puskesmas berada di pulau lain yaitu pulau Lancang Besar yang membutuhkan waktu selama satu jam menggunakan kapal motor. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 prevalensi hipertensi berdasarkan wawancara (apakah pernah didiagnosis tenaga Kesehatan dan/atau pernah minum obat hipertensi sebesar 8,84 % dari populasi. Prevalensi hipertensi berdasarkan pengukuran mengalami kenaikan dari 26,5% pada Riset Kesehatan Dasar 2013 menjadi 34,11 % pada 2018. Dengan kondisi wilayah dan latar belakang sosio budaya tersebut di atas apakah masyarakat pulau Pari memahami bahaya dan komplikasi hipertensi.
Solusi yang ditawarkan adalah edukasi tentang penyebab, gejala dan tanda hipertensi, serta bagaimana upaya pencegahan hipertensi mulai dari pencegahan primer, sekunder, tertier sampai pencegahan timbulnya komplikasi bagi penderita hipertensi.
Metode yang digunakan adalah promosi kesehatan dengan dialog interaktif pada masyarakat pulau Pari sebanyak 33 peserta, yang sebagian besar adalah ibu-ibu.
Capaian luaran adalah bahwa pemahaman tentang pencegahan, cara minum obat, komplikasi hipertensi dipahami dengan sangat baik oleh para peserta sebesar 90,9%.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: kedokteran kedokteran
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:32
Last Modified: 26 Aug 2022 03:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16788

Actions (login required)

View Item View Item