Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pembangunan Struktur Atas Pada Proyek Pembangunan Tol Serpong – Cinere Tahun 2018

Puspita, Sinta (2018) Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pembangunan Struktur Atas Pada Proyek Pembangunan Tol Serpong – Cinere Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015139_SINTA PUSPITA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015139_SINTA PUSPITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Risiko adalah suatu kemungkinan atau peluang terjadinya sesuatu yang dapat ditimbulkan dari suatu pekerjaan. Pembangunan struktur atas dari proyek pembangunan jalan tol sangat berbahaya karena pada proses tahapan pekerjaan ini pekerja diharuskan berada pada tempat yang tinggi dan bisa menyebabkan banyak risiko dan bahaya yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan pembangunan struktur atas di proyek ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif untuk mengidentifikasi bahaya dan menganalisis risiko kecelakaan kerja. Identifikasi bahaya menggunakan teknik Job Safety Analysis (JSA) dan analisis risiko menggunakan teknik semi kuantitatif yang mengalikan nilai consequence, exposure dan probability untuk menentukan tingkat risiko. Hasil penelitian dari 7 proses kerja, yaitu tahapan pekerjaan kolom, tahapan pekerjaann pier head, tahapan pekerjaan diagfragma, tahapan pekerjaan girder, tahapan pekerjaan slab, dan yang terakhir tahapan pekerjaan parapet. Ada 19 risiko yang masih tergolong very high. Diantaranya tali sling putus, terjatuh dari ketinggian hingga tertimpa. Disarankan melakukan pengawasan yang tegas dan pengendalian yang tepat dari pihak manajemen seperti melakukan pemeriksaan berkala terhadap alat pelindung diri yang dipakai oleh pekerja dan menggunakan full body harness pada pekerja yang bekerja di ketinggian agar tingkat risiko dapat diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:13
Last Modified: 22 Aug 2022 04:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16735

Actions (login required)

View Item View Item