Pengaruh Inflasi, dan Leverage terhadap Profitabilitas Sektor Perbankan Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Wulandari, Wulandari (2018) Pengaruh Inflasi, dan Leverage terhadap Profitabilitas Sektor Perbankan Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1402015154_Rosi Wulandari.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1402015154_Rosi Wulandari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Inflasi dan Leverage Terhadap Profitabilitas Sektor Perbankan Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Variabel bebas yang diteliti adalah inflasi dan leverage yang diukur dengan debt to assets (DAR). Variabel terikat adalah profitabilitas yang diukur dengan return on assets (ROA). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi berupa laporan keuangan tahunan dari perusahaan di industri perbankan syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Populasi dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan pada perbankan syariah yang terdaftar di otoritas jasa keuangan dengan periode pengamatan 2013-2017. Metode pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel menggunakan 6 perusahaan. Penelitian ini diuji dengan aplikasi SPSS 22. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, dan leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan inflasi dan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:16
Last Modified: 15 Aug 2022 06:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16629

Actions (login required)

View Item View Item