Hubungan Karakteristik, Lama Hari rawat Dan Konsumsi Makanan Dari Luar Rumah Sakit Dengan Sisa Makanan Lunak Pada Hidangan Sore Pasien Penyakit Dalam Di Ruang Seruni dan Cempaka RSU Kabupaten Tangerang

Noviyanti, Fitria (2019) Hubungan Karakteristik, Lama Hari rawat Dan Konsumsi Makanan Dari Luar Rumah Sakit Dengan Sisa Makanan Lunak Pada Hidangan Sore Pasien Penyakit Dalam Di Ruang Seruni dan Cempaka RSU Kabupaten Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1505025060_FITRIA NOVIYANTI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1505025060_FITRIA NOVIYANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sisa makanan adalah indikator standar pelayanan minimal gizi rumah sakit menurut Depkes RI (2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik, lama hari rawat, dan konsumsi makanan dari luar rumah sakit dengan sisa makanan lunak pada hidangan sore pasien penyakit dalam di ruang seruni dan cempaka RSU Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan quota sampling. Data karakteristik responden, lama hari rawat dan konsumsi makanan dari luar rumah sakit diperoleh melalui kuesioner dan formulir konsumsi makanan dari luar rumah sakit, sedangkan data sisa makanan diambil dengan taksiran visual comstok. Analisis data menggunakan analisis tabulasi silang dan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan presentase sisa makanan utama sore 45,2% dan sisa makanan selingan sore 52,4%. Hasil analisis uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan lama hari rawat dan konsumsi makanan dari luar rumah sakit dengan sisa makanan utama pada hidangan sore. Ada hubungan lama hari rawat dan konsumsi makanan dari luar rumah sakit (frekuensi) dengan sisa makanan selingan pada hidangan sore. Tidak ada hubungan karakteristik, frekuensi, jenis makanan dan jumlah energi konsumsi makanan dari luar rumah sakit dengan sisa makanan utama pada hidangan sore. Tidak ada hubungan karakteristik, jenis makanan dan jumlah energi konsumsi makanan dari luar rumah sakit dengan sisa makanan selingan pada hidangan sore.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:01
Last Modified: 11 Aug 2022 04:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16538

Actions (login required)

View Item View Item