Gambaran Tingkat Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Berdasarkan Paparan Informasi, Pengetahuan, Sikap Dan Sistem Monitoring Evaluasi Pada Remaja Putri Di Wilayah Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan

Rahmawati, Elza (2019) Gambaran Tingkat Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Berdasarkan Paparan Informasi, Pengetahuan, Sikap Dan Sistem Monitoring Evaluasi Pada Remaja Putri Di Wilayah Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1505025052_ ELZA RAHMAWATI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1505025052_ ELZA RAHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepatuhan adalah suatu perubahan perilaku dari perilaku yang tidak menaati peraturan ke perilaku yang menaati peraturan. Masalah kepatuhan merupakan kendala utama suplementasi besi harian, karena itu suplementasi mingguan sebagai alternatif untuk mengurangi masalah kepatuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepatuhan konsumsi Tablet Tambah Darah berdasarkan paparan informasi, pengetahuan, sikap dan sistem monitoring dan evaluasi pada remaja putri di wilayah Suku Dinas Jakarta Selatan. Desin studi dalam penelitian ini adalah cross sectional dan teknik yang digunakan yaitu Multistage Sampling, sehingga responden dalam penelitian ini adalah 4 sekolah yang berada di 2 Kecamatan yang terdapat di Jakarta Selatan yang dipilih secara systematic random sampling. Dari penelitian ini, dapat dilihat bahwa sebanyak 75,9% remaja putri tidak patuh mengkonsumsi TTD, sedangkan uji hubungan antara paparan pengetahuan, pengetahuan, sikap, dan sistem monitoring evaluasi memiliki hasil yang signifikan dengan kepatuhan konsumsi TTD yaitu Paparan Informasi (p = 0,002). Pengetahuan Anemia dan TTD (p = 0,000), Sikap tentang Anemia dan TTD p = 0,000) dan Sistem Monitoring Evaluasi Program (p = 0,013).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:17
Last Modified: 09 Aug 2022 07:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item View Item