Analisis Kelayakan Puskesmas Kecamatan Kembangan Menjadi Rumah Sakit Umum Kelas D Tahun 2015

Juliardi, Muhammad Isna (2015) Analisis Kelayakan Puskesmas Kecamatan Kembangan Menjadi Rumah Sakit Umum Kelas D Tahun 2015. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1205017023_MUHAMMAD ISNA JULIARDI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1205017023_MUHAMMAD ISNA JULIARDI.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Studi kelayakan adalah tahap melakukakn kompilasi data dari seluruh data yang didapat dari hasil pengumpulan data yang teridri dari data primer dan data sekunder. Hasil analisis dan penjelasan kelayakan dari segala aspek yang akan mendasari pendirian atau pengembangan suatu rumah sakit, terkait dengan penentuan rencana kerja pelayanan kesehatan rumah sakit yang baru akan dilakukan maupun lanjutan dari yang sudah ada dalam melakukan rencana pengembangan atau peningkatan kelas dari suatu rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode riset operasional yaitu metode analisis yang dirancang untuk membantu pengelola program pelayanan kesehatan dalam memilih salah satu deri berbagai alternatif kegiatan dengan tujuan tertentu. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif, hasil penlitian instrument dikelompokan sesuai kategori dalam ruang lingkup peneliti, dilakukan interpretasi hasil penilaian dengan skala ukur sesuai denga definisi operasional, mengumpulkan data serta melakukan telaah dari hasil pengisian instrument penelitian dan hasil wawancara yang diperoleh dari informan, menyajikan data dan ringkasannya dalam bentuk matrik. Dari hasil penelitian ini maka dapat ditarik keimpulan sebagai berikut :
1) Bedarsarkan standar pelayanan sesuai self assessment Permenkes 56/2014. Puskesmas Kecamatan Kembangan dinyatakan belum layak untuk menjadi RSU Tipe D terutama karena belum terpenuhinya pelayanan spesialis medik dasar, pelayanan bang darah dan pelayanan pemusaran jenazah.
2) Berdasarkan standar SDM sesuia self assessment Permenkes 56/2014. Puskesmas Kecamatan Kembangan dinyatakan belum layak untuk menjadi RSU Tipe D terutama dalam pemenuhan standar jumlah/kuantitas SDM. Masih kurangnya tenaga SDM rawat inap sangat mempengaruhi pemenuhan standar ini.
3) Berdasarkan standar peralatan sesuai self assessment Permenkes 56/2014. Puskesmas Kecamatan Kembangan dinyatakan cukup layak untuk menjadi RSU Tipe D terutama karena adanya penjagaan melalui ISP, maka pemenuhan standar peralatan baik seara kuantitas maupun
kualitas dapat terpenuhi.
4) Berdasarkan standar bangunan dan sarana prasarana baik sesuai self assessment Permenkes 56/2014. Puskesmas Kecamatan Kembangan dinyatakan beluk layak untuk menjadi RSU Tipe D karena banyaknya standar dokumen dan bangunan yang belum terpenuhi dan hanya mendapatka nilai 66,6%.
5) Secara keseluruhan, Puskesmas Kecamatan Kembangan dinyatakan belum layak untuk menjadi RSU Tipe D, karena berdasarkan dua kriteria standar yang digunakan untuk menilai empat standar yang harus dipenuhi, hanya terpenuhi satu standar (25%). Yaitu standar peralatan menurut kriteria Permenkes 56/2014.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:28
Last Modified: 09 Aug 2022 04:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16449

Actions (login required)

View Item View Item