Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Hutang terhadap Kebijakan Dividen dengan Firm Size sebagai Variabel Kontrol pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri di Indonesia

Ramadhany, Safira Fauzia (2020) Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Hutang terhadap Kebijakan Dividen dengan Firm Size sebagai Variabel Kontrol pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1602025124_Safira Fauzia Ramadhany (bad).pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1602025124_Safira Fauzia Ramadhany (bad).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial dan kebijakan hutang terhadap kebijakan dividen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur pada sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014-2018. Purposive sampling digunakan untuk memilih sampel dan diperoleh 10 sampel perusahaan. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi, yaitu untuk menjelaskan pengaruh antara variabel bebas yaitu kepemilikan manajerial dan kebijakan hutang terhadap variabel terikat yaitu kebijakan dividen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah telaah dokumen, data yang ditelaah adalah laporan keuangan, jurnal penelitian terdahulu, dan literatur lain yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi analisis manajemen keuangan, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi dan uji koefisien korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, kebijakan hutang dan firm size sebagai variabel kontrol secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Secara parsial, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan tidak terlalu signifikan terhadap kebijakan dividen, namun kebijakan hutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan firm size sebagai variabel kontrol berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:44
Last Modified: 09 Aug 2022 03:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16447

Actions (login required)

View Item View Item