Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan Tahunan terhadap Penerimaan Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Jakarta Cilandak

Sinaga, Chandra Ardiansyah (2019) Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan Tahunan terhadap Penerimaan Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Jakarta Cilandak. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1702019007_CHANDRA ARDIANSYAH SINAGA.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1702019007_CHANDRA ARDIANSYAH SINAGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepatuhan wajib pajak orang pribadi dan badan dalam pelaporan SPT pajak penghasilan tahunan terhadap penerimaan pajak. Variabel yang diteliti adalah kepatuhan wajib orang pribadi dan badan dalam pelaporan SPT pajak penghasilan tahunan sebagai variabel independen dan penerimaan pajak sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah Kantor Pelayanan Pajak Cilandak. Data penelitian ini bersifat primer yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner. Dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Dengan bantuan SPSS 17.0. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling yaitu wajib pajak yang membayar dan melaporkan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Cilandak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam pelaporan SPT pajak penghasilan tahunan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,923 > 0,05 Sedangkan variabel kepatuhan wajib pajak orang badan dalam pelaporan SPT pajak penghasilan tahunan berpengaruh signifikan terhadap penerimaanpajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepatuhan wajib pajak orang pribadi dan badan dalam pelaporan SPT pajak penghasilan tahunan secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap penerimaan pajak dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil total adjust R square menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kepatuhan wajib pajak orang pribadi dan badan dalam pelaporan SPT pajak penghasilan tahunan terhadap penerimaan pajak, yaitu sebesar 14%. Dan sisanya sebesar 86% dipengaruhi variabel lain seperti faktor individu, budaya organisasi dan motivasi. Oleh sebab itu, disarankan kepada kantor pelayanan pajak untuk meningkatkan penerimaan pajak harus lebih banyak melakukan sosialisasi perpajakan yang lebih inovatif dan tidak kaku sehingga wajib pajak lebih sadar dan peduli untuk membayarkan pajaknya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:46
Last Modified: 09 Aug 2022 03:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16442

Actions (login required)

View Item View Item