Pengaruh Debt Default, Opini Audit Tahun Sebelumnya dan Opinion Shopping terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern

Chairunisa, Mia (2019) Pengaruh Debt Default, Opini Audit Tahun Sebelumnya dan Opinion Shopping terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1502015122_MIA CHAIRUNISA.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1502015122_MIA CHAIRUNISA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh debt default, opini audit tahun tahun sebelumnya dan opinion shopping terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Penelitian ini menggunakan metode eksplanasi dengan variabel yang diteliti adalah debt default, opini audit tahun sebelumnya dan opinion shopping sebagai variabel independen dan variabel penerimaan opini audit going concern sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2017 sebanyak 71 (tujuh puluh satu) perusahaan. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan pertimbangan tertentu (judgment sampling) dan diperoleh sebanyak 9 (sembilan) perusahaan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah telaah dokumen, yaitu menelaah laporan keuangan dan laporan auditor independen perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi logistik, uji kelayakan model regresi, uji koefisien determinasi dan uji koefisien regresi.Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel debt default, opini audit tahun sebelumnya dan opinion shopping berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern berdasarkan hasil uji Omnibus Test of Model Coefficients yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai Nagelkerke R Square adalah sebesar 62,8% dapat dijelaskan oleh variabel independen sedangkan sisanya sebesar 37,2% dijelaskan oleh variabel lain seperti likuiditas, reputasi KAP, dan audit lag. Berdasarkan tabel Variables in the Equation, variabel debt default secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern dengan koefisien regresi sebesar 2,819 dengan tingkat signifikansi 0,048 < 0,05. Variabel opini audit tahun sebelumnya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern dengan koefisien regresi sebesar 3,444 dengan tingkat signifikansi 0,009 < 0,05. Kemudian variabel opinion shopping secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern dengan koefisien regresi sebesar 0,950 dengan tingkat signifikansi 0,470 > 0,05.
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada perusahaan agar dapat mengenali tanda-tanda kebangkrutan lebih awal sehingga dapat sesegera mungkin mengambil kebijakan agar terhindar dari penerimaan opini going concern. Serta sebaiknya auditor berhati-hati dalam memberikan opini audit going concern, karena kesalahan dalam pemberian opini audit dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:52
Last Modified: 08 Aug 2022 07:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16424

Actions (login required)

View Item View Item