Pengaruh Loan to Deposit Ratio, Pertumbuhan Kredit dan Inflasi terhadap Kredit Bermasalah pada Industri Perbankan di Indonesia

Ayuningrum, Siti Oktavia (2020) Pengaruh Loan to Deposit Ratio, Pertumbuhan Kredit dan Inflasi terhadap Kredit Bermasalah pada Industri Perbankan di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1602025213_Siti Oktavia Ayuningrum.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1602025213_Siti Oktavia Ayuningrum.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara loan to deposit ratio (LDR), pertumbuhan kredit, dan inflasi terhadap kredit bermasalah.
Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan industri perbankan yang terdaftar di BEI periode 2017-2019. Sampel penelitian ini dikosentrasikan pada 4 bank BUMN, diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan Statistik Perbankan Indonesia (SPI) yang dipublis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Teknik pengolahan dan analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif, regresi liener berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi parsial, analisis koefisien korelasi berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan inflasi memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kredit bermasalah, sedangkan loan to deposit ratio (LDR) dan pertumbuhan kredit memiliki hubungan negatif dan signifikan pada kredit bermasalah. Sedangkan loan to deposit ratio (LDR), pertumbuhan kredit dan inflasi secara simultan memilki hubungan yang signifikan terhadap kredit bermasalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:27
Last Modified: 10 Oct 2023 02:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16413

Actions (login required)

View Item View Item