Pengaruh Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Biaya Overhead Pabrik terhadap Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2017

Suryaningtyas, Galuh Lestari (2020) Pengaruh Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Biaya Overhead Pabrik terhadap Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2013-2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1402025055_GALUH LESTARI SURYANINGTYAS.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1402025055_GALUH LESTARI SURYANINGTYAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Biaya Bahan Baku terhadap Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2013-2017, (2) Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung terhadap Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2013-2017, (3) Pengaruh Biaya Overhead Pabrik terhadap Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2013-2017, dan (4) Pengaruh Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung, dan Biaya Overhead Pabrik secara simultan terhadap Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2013-2017. Dalam penelitian ini Populasi penelitian adalah Bursa Efek Indonesia adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang terpilih sebanyak enam perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan telaah dokumen, yaitu pengumpulan data dilakukan dengan menelaah laporan keuangan perusahaan tahunan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefesien determinan R2 dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 22.Hasil pengujian menunjukkan bahwa biaya bahan baku perusahaan berpengaruh signifikan terhadap harga pokok produksi dengan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0.050). Biaya tenaga kerja langsung berpengaruh signifikan terhadap harga pokok produksi sebesar (0.819 > 0.050). Biaya overhead pabrik berpengaruh signifikan terhadap harga pokok produksi sebesar (0,000 < 0,050). Namun, tingkat signifikansi secara simultan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga pokok produksi (0,000 < 0.050). Berdasarkan penjelasan di atas penulis memberikan saran-saran bagi perusahaan dalam uji parsial, biaya tenaga kerja langsung berpengaruh negatif terhadap harga pokok produksi. Hal tersebut terjadi karena peningkatan biaya tenaga kerja langsung pada enam perusahaan rendah. Rendahnya tingkat biaya tenaga kerja langsung disebabkan oleh banyaknya jumlah tenaga kerja, yang dikarenakan lebih banyak mempergunakan mesin dalam proses produksinya. Agar perhitungan biaya-biaya yang dikeluarkan pada setiap proses produksi sebaiknya selalu dilakukan berkala melalui laporan Harga Pokok Produksi tersebut perusahaan dapat mengetahui seberapa besar pengaruh masing-masing biaya produksi yang dikeluarkan dalam periode tertentu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:27
Last Modified: 08 Aug 2022 04:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item