Pengaruh Variabel Makroekonomi dan Variabel Mikroekonomi terhadap Non-Performing Financing pada Perbankan Syariah

Nuraini, Nuraini (2020) Pengaruh Variabel Makroekonomi dan Variabel Mikroekonomi terhadap Non-Performing Financing pada Perbankan Syariah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1602055022_NURAINI.pdf]
Preview
Text
FEB_EKIS_1602055022_NURAINI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara variabel makroekonomi dan variabel mikroekonomi dengan non-performing financing pada perbankan syariah di Indonesia.
Dalam penelitian ini menggunakan metode eksplanatif, yaitu menjelaskan pengaruh antara variabel bebas yaitu variabel makroekonomi (inflasi, gross domestic product) dan variabel mikroekonomi (capital adequacy ratio, financing to deposit ratio) terhadap variabel terikat yaitu non-performing financing serta menjelaskan hubungan antar variabel-variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan syariah yang telah terdaftar di Otorias Jasa Keuangan pada periode 2015-2019. Pemilihan sampel melalui metode purposive sampling. Terdapat 7 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian, sehingga data penelitian berjumlah35 data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan teknik pengolahan data menggunakan E-Views 10 yaitu dengan menggunakan analisa statistik, analisa regresi data panel, uji asumsi klasik, koefisien korelasi dan koefisien determinasi serta pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial inflasi memiliki nilai thitung (1,074) < ttabel (2,042), gross domestic product memiliki nilai thitung (0,902) < ttabel (2,042), capital adequacy ratio memiliki nilai thitung (-2,272) < ttabel (-2,042), dan financing to deposit ratio memiliki nilai thitung (0,683) < ttabel (2,042). Berdasarkan nilai pengujian t tersebut, dapat diketahui bahwa hanya variabel capital adequacy ratio yang memiliki pengaruh negatif terhadap non-performing financing, sedangkan untuk ketiga variabel lainnya tidak memiliki pengaruh. Sedangkan secara simultan inflasi, gross domestic product, capital adequacy ratio, dan financing to deposit ratio memiliki pengaruh terhadap non-performing financing perbankan syariah pada periode 2015-2019.
Model regresi menunjukkan nilai adjusted R-squared sebesar 0,39. Hal ini menunjukkan bahwa variabel makroekonomi (inflasi, gross domestic product) dan variabel mikroekonomi (capital adequacy ratio, financing to deposit ratio) secara bersama-sama mampu memberikan penjelasan terhadap variabel dependen yaitu non-performing financing pada perbankan syariah periode 2015-2019 sebesar 39%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 06 Aug 2022 04:44
Last Modified: 06 Aug 2022 04:44
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16370

Actions (login required)

View Item View Item