Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Industri Manufaktur di Indonesia

Shafira, Shafira (2019) Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Industri Manufaktur di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025242_SHAFIRA.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025242_SHAFIRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel yang diteliti adalah Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang (Debt to Equity Ratio), Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen (Dividend Payout Ratio). Metode pengambilan data yang digunakan adalah purpose sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017 dengan sampel berjumlah 6 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan signifikan alpha 0,05. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui publikasi laporan keuangan tahunan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan berpengaruh secara positif terhadap Kebijakan Dividen. Sedangkan secara simultan Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, dan Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kebijakan Dividend. Koefisien variabel nilai perusahaan menunjukkan bahwa dalam model regresi sebesar 27.8% perubahan variabel Kebijakan Dividen disebabkan oleh ketiga variabel yang diteliti, sedangkan sisanya 72.2% diperngaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:24
Last Modified: 04 Aug 2022 04:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16258

Actions (login required)

View Item View Item