Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Awani, Nur (2019) Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025194_NUR AWANI.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025194_NUR AWANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio dan earning per share terhadap harga saham secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi yaitu untuk menjelaskan hubungan antar variabel dependen dan variabel independen. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif karena didalamnya mengacu pada perhitungan data penelitian yang berupa angka-angka. Populasi yang digunakan pada penelitian merupakan seluruh perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013 sampai dengan 2017 yaitu sebanyak 13 perusahaan. Teknik penelitian sampel dilakukan dengan menggunakan metode Judgement Sampling yang mana peneliti memilih sampel berdasarkan penilaian terhadap beberapa kriteria. Hasil dari seleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka terdapat 6 perusahaan yang menjadi sampel pada penelitian ini dengan total pengamatan sebanyak 30 data. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan diantaranya analisis manajemen keuangan, analisis regresi, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel debt to equity ratio dan earning per share berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara parsial debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham sedangkan earning per share berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Aug 2022 09:39
Last Modified: 03 Aug 2022 09:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16229

Actions (login required)

View Item View Item