Pengaruh Kebijakan Dividen dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017)

Laila, Novia Nur (2019) Pengaruh Kebijakan Dividen dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025191_NOVIA NUR LAILA.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025191_NOVIA NUR LAILA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen dan leverage terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplansi yaitu untuk menjelaskan hubungan antara variabel dependen dan variabel independen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 sampai dengan 2017 yaitu dengan sebanyak 38 perusahaan. Teknik pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampling dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan terdapat 8 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dengan total pengamatan sebanyak 40 data. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi analisis deskripsi keuangan, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel kebijakan dividen dan leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Aug 2022 09:34
Last Modified: 03 Aug 2022 09:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16228

Actions (login required)

View Item View Item