Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Megawati, Kartini (2019) Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025132_Kartini Megawati.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025132_Kartini Megawati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Tekstil dan Garment yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2018). Variabel independen yang diteliti adalah Leverage dan Ukuran Perusahaan, dan variabel dependen yang diteliti adalah Manajemen Laba. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 perusahaan manufaktur sub sektor industri tekstil dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2018 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pengolahan dan analisis data meliputi analisis manajemen keuangan, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 20.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Leverage secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Dan secara simultan Leverage dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Manajemen Laba. Besarnya koefisien determinasi adjusted R Square adalah sebesar 0.567. Hal ini berarti bahwa variabel independen yaitu Leverage dan Ukuran Perusahaan mampu menjelaskan variabel dependen yaitu Manajemen Laba sebesar 56,7%, sedangkan 43.3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:07
Last Modified: 03 Aug 2022 04:07
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item