Hubungan Pengetahuan Gizi, Tingkat Kecemasan, Dukungan Keluarga dan Asupan Suplementasi dengan Asupan Zat Gizi pada Pasien Kanker Post Kemoterapi di Rumah Sakit Dharmais

Putri, Wella Anjela (2019) Hubungan Pengetahuan Gizi, Tingkat Kecemasan, Dukungan Keluarga dan Asupan Suplementasi dengan Asupan Zat Gizi pada Pasien Kanker Post Kemoterapi di Rumah Sakit Dharmais. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1505025162_WELLA ANJELA PUTRI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1505025162_WELLA ANJELA PUTRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada kejadian kanker, banyak ditemukan pasien yang mengalami penurunan asupan zat gizi yang disebabkan dari berbagai faktor, salah satunya adalah dari pengobatan yang dilakukan. Adanya penurunan asupan zat gizi tersebut, secara tidak lansung menunjukkan terjadinya asupan makan yang rendah, sehingga dapat mempengaruhi status kesehatan pasien kanker dan berujung pada kejadian kaheksia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dari tingkat pengetahuan gizi, tingkat kecemasan, dukungan keluarga dan asupan suplementasi dengan asupan zat gizi pasien kanker pasca kemoterapi di rumah sakit kanker Dharmais. Penelitian ini menggunakan design studi cross sectional dengan concequtive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 responden rawat jalan penderita kanker post kemoterapi yang sudah memenuh syarat Inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan food recall 2x24 jam. Analisis data dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan energi (p= 0,026), protein (p=0,024) dan karbohidrat (p=0,012). Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan asupan protein (p= 0,036). Ada hubungan antara suplementasi dengan asupan energi (p= 0,004), protein (p=0,000) dan karbohidrat (0,014).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:30
Last Modified: 02 Aug 2022 04:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16127

Actions (login required)

View Item View Item