Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman Industri di Indonesia

Puspitasari, Aulia Dini (2019) Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman Industri di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025044_AULIA DINI PUSPITASARI.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025044_AULIA DINI PUSPITASARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilika saham dan leverage terhadap nilai perusahaan secara parsial dan simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi yaitu untuk menjelaskan hubungan antar variabel dependen dan variabel independen. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 sampai dengan 2017 yaitu sebanya 18 perusahaan. Teknik penelitian sampel dengan menggunakan purpose sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan terdapat 10 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dengan total pengamatan sebanyak 50 data. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi analisis deskripsi keuangan, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel struktur kepemilikan saham dan leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial struktur kepemilikan saham berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:53
Last Modified: 02 Aug 2022 01:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16094

Actions (login required)

View Item View Item