Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013 - 2017

Putri, Anggraeni Ramadhanti (2019) Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013 - 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025032_ANGGRAENI RAMADHANTI PUTRI.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025032_ANGGRAENI RAMADHANTI PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi yaitu untuk menjelaskan hubungan antar variabel dependen dan variabel independen. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor food and baverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 sampai dengan tahun 2017 yaitu sebanya 18 perusahaan. Teknik penelitian sampel dengan menggunakan purpose sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan terdapat 6 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dengan total pengamatan sebanyak 30 data. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi analisis deskripsi keuangan, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 01 Aug 2022 10:43
Last Modified: 01 Aug 2022 10:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item