Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Financial Distress pada Perusahaan Property di Indonesia

Mubarak, Ahmad Subhi (2019) Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Financial Distress pada Perusahaan Property di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1502025013_AHMAD SUBHI MUBARAK.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1502025013_AHMAD SUBHI MUBARAK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dan leverage terhadap Financial distress pada perusahaan property di Indonesia.
Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Variabel yang diteliti adalah variabel bebas yaitu Profitabilitas dan leverage sedangkan variabel terikat adalah Financial distress. Populasi penelitian adalah perusahaan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang terpilih sebanyak 7 (tujuh) Perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan telaah dokumen, yaitu pengumpulan data dilakukan dengan menelaah laporan keuangan perusahaan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 20.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan :
Y = 9.626 + 7.359 X1 – 5.474 X2
Hasil uji analisis koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar 0,296. Hal tersebut dapat diartikan bahwa variabel bebas dalam penelitian ini mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 29,6% sedangkan sisanya 70,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu current ratio, net profit margin, ROE,DAR, atau variabel yang lainnya.Hasil uji statistik T menunjukkan bahwa Profitabilitas (ROA) secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap financial distress yang memiliki t hitung sebesar 0,308 < t tabel sebesar 2,036 dan memperoleh nilai signifikan sebesar 0,760 < 0.050. Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap financial distress.
Hasil uji statistik T pengujian menunjukkan bahwa leverage (DER) memiliki t hitung sebesar -3,477 < t tabel sebesar -2,036 dan memperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0.050. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress.
Hasil uji statistik F pengujian menunjukkan bahwa Profitabilitas (ROA) dan leverage (DER) terhadap financial distress memiliki f hitung sebesar 6,740 > f tabel sebesar 3,290 dan memiliki nilail signifikan sebesar 0,004 < 0,05 yang berarti Profitabilitas (ROA) dan leverage (DER) berpengaruh signifikan terhadap financial distress.
Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain selain yang diteliti dalam penelitian ini, menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel dengan jenis perusahaan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 01 Aug 2022 09:45
Last Modified: 01 Aug 2022 09:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item