Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Lancarjaya Mandiri Abadi Bekasi

Pratiwi, Cahyani (2018) Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Lancarjaya Mandiri Abadi Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MNJ_1402017008_CAHYANI PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1402017008_CAHYANI PRATIWI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi bukan hal yang mudah, karena melibatkan berbagai elemen dalam organisasi yaitu karyawan, pimpinan maupun sistem itu sendiri karena hal tersebut adalah aset dari suatu perusahaan Namun diketahui bahwa terdapat satu masalah didalam perusahaan yaitu tingginya tingkat ketidakpuasan kerja karyawan disebabkan oleh kurangnya perhatian dan komunikasi yang baik dari pemimpin. Hipotesis penelitian ini yaitu 1).Untuk mengetahui pengaruh Budaya Organisasi secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Lancarjaya Mandiri Abadi. 2). Untuk mengetahui pengaruh Motivasi secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Lancarjaya Mandiri Abadi 3). Untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Lancarjaya Mandiri Abadi 4). Untuk mengetahui pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi dan Gaya Kepemimpinan secara simultan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Lancarjaya Mandiri Abadi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Manajemen Sumber Daya Manusia yang berhubungan dengan budaya organisasi, motivasi dan gaya kepemimpinan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 80 responden. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji t dan uji F.
Variabel yang diteliti adalah budaya organisasi, motivasi dan gaya kepemimpinan sebagai variabel independen dan variabel dependen adalah kepuasan kerja karyawan pada PT. Lancarjaya Mandiri Abadi.
Hasil penelitian dengan menggunakan software SPSS 21.0 menunjukkan bahwa 1). Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. 2). Motivasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. 3). Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. 4). Budaya Organisasi, Motivasi dan Gaya Kepemimpinan berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan.Karena nilai t hitung budaya organisasi (4,510) lebih besar dari pada t tabel (1,66515), motivasi (3,614) lebih besar dari pada t tabel (1,66515) dan gaya kepemimpinan (0,577) lebih kecil dari pada t tabel (1,66515). Dan f hitung variable independen (71,730) lebih besar dari f table (2,72). Nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) diperoleh nilai sebesar 72,9% menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh budaya organisasi, motivasi dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Sedangkan sisanya sebesar 27,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:43
Last Modified: 01 Aug 2022 08:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/16071

Actions (login required)

View Item View Item