Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada PT Teco Multiguna Elektro

Fitriani, Endah Wahyu (2017) Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada PT Teco Multiguna Elektro. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1202025061_ENDAH WAHYU FITRIANI.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1202025061_ENDAH WAHYU FITRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan biaya diferensial dalam proses pengambilan keputusan menggunakan analisis biaya diferensial. Dengan hal ini diharapkan dapat membantu perusahan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Variabel yang diteliti adalah variabel X yaitu biaya diferensial, sedangkan variabel Y adalah pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT Teco Multiguna Elektro (perusahaan industri elektro motor). Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT Teco Multiguna Elektro selama 5 (lima) tahun periode 2012-2016.
Untuk mengetahui keputusan apa yang diambil oleh perusahaan dengan memilih antara menerima atau menolak pesanan khusus dapat dilakukan dengan cara hasil pendapatan pesanan khusus dikurangi dengan biaya diferensial maka hasil dari margin kontribusi adalah laba diferensial.
Hasil dari analisis proses penerapan biaya diferensial dalam proses pengambilan keputusan menggunakan analisis biaya diferensial pada PT Teco Multiguna Elektro dari produk yang sama yaitu Three phase squirell cage induction motors (SCIM) untuk pesanan khusus ini yaitu menerima pada tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016 karena dapat meningkatkan laba bagi perusahaan dan mendapatkan keuntungan atau efisiensi biaya. Sedangkan pada tahun 2012 PT Teco Multiguna Elektro menolak pesanan khusus karena dapat merugikan perusahaan karena tidak mendapatkan keuntungan serta tidak efisiensi nya biaya itu disebabkan karena adanya penawaran harga dibawah harga standar pesanan khusus yang dilakukan customer sehingga itu menambah Biaya Diferensial. Maka PT Teco Multiguna Elektro menolak pesanan tersebut, walaupun pesanan tersebut sangat banyak, tapi tetap tidak dapat menutupi biaya-biaya yang dikeluarkan oleh PT Teco Multiguna Elektro.
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada PT Teco Multiguna Elektro untuk tetap menggunakan alat bantu seperti analisis biaya diferensial secara maksimal sehingga keputusan yang diambil oleh manajemen perusahaan memberikan hasil yang lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan menggunakan perkiraan, dengan atau pengalaman Walaupun perusahaan menerima pesanan khusus dari pelanggan tertentu. Diharapkan peneliti berikutnya dapat menambahkan lebih banyak variabel bebas lainnya dalam mempengaruhi proses pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, dan mengganti alternatif proses pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, dan mengganti alternatif menerima atau menolak dengan alternatif lain seperti alternatif membeli atau memproduksi sendiri, menjual atau mengolah lebih lanjut, dan keputusan meneruskan atau menghentikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:12
Last Modified: 29 Jul 2022 04:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15977

Actions (login required)

View Item View Item