Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Penalaran dan Pemahamanan Matematis Pada Siswa Kelas V SDN Sukaraya 03

Lestari, Mega Eka (2020) Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Penalaran dan Pemahamanan Matematis Pada Siswa Kelas V SDN Sukaraya 03. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_PENA1809087079_MEGA EKA LESTARI.pdf]
Preview
Text
SPS_PENA1809087079_MEGA EKA LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode penelitian studi kuasi eksperimen ini dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukaraya 03 Kabupaten Bekasi. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Uji hipotesis pertama melalui uji Mann-Whitney diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,333. Dikarenakan nilai Sig. (2-tailed) = 0,333 > 0,05, dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang belajar dengan embelajaran langsung. Kedua, diketahui nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,072 > 0,05, maka H0 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ketiga, diketahui nilai Sig. (2-tailed) = 0,014 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung. Keempat, diketahui nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,042 < 0,05, maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Penalaran, dan Pemahman Konsep Matematis
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:25
Last Modified: 04 Aug 2022 03:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15948

Actions (login required)

View Item View Item