Perbedaan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas 4 SD Materi Sumber Energi ditinjau dari Motivasi Berprestasi

Meliya, Meliya (2020) Perbedaan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas 4 SD Materi Sumber Energi ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_PENDAS_1809087068_MELIYA.pdf]
Preview
Text
SPS_PENDAS_1809087068_MELIYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Perbedaan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas 4 SD Materi Sumber Energi ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas 4A dan 4C di SDN Jatisampurna X Bekasi. Sampel yang diteliti sebanyak 76 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Cluster Sampling dengan metode Quasi ksperimental Design. Uji validitas instrumen angket mengggunakan Product Moment didapat 17 item valid dan 3 item tidak valid. Uji realibilitas angket mengggunakan Korelasi Alpha Cronbach diperoleh nilai rhitung sebesar
0,811 artinya sangat tinggi. Uji validitas instrumen soal HOTs mengggunakan point biserial didapat 17 soal valid dan 3 soal tidak valid. Uji reliabilitas soal mengggunakan KR20 diperoleh nilai rhitung sebesar 0,74 artinya tinggi. Uji
hipotesis menggunakan uji ANNAVA dua jalur diperoleh thitung= 12,452 pada
taraf signifikansi 0,01 ttabel = 6,99 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Uji hipotesis kedua menggunakan uji ANNAVA dua jalur diperoleh thitung) = 9,059 pada taraf signifikansi 0,01 ttabel = 6,99 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Uji hipotesis ketiga menggunakan uji ANNAVA dua jalur diperoleh thitung interaksi (I) = 0,297 pada taraf signifikansi 0,01 ttabel = 6,99 karena thitung > ttabel maka Ho diterima artinya bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi berprestasi siswa dan faktor eksternal seperti model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:25
Last Modified: 04 Aug 2022 03:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15937

Actions (login required)

View Item View Item