Gambaran Sanitasi Pasar di Pasar Palmerah Jakarta Pusat Tahun 2018.

Septiani, Aulia (2018) Gambaran Sanitasi Pasar di Pasar Palmerah Jakarta Pusat Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405015019_AULIA SEPTIANI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405015019_AULIA SEPTIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sanitasi merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk menjamin terciptanya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran sanitasi yang ada di Pasar Palmerah Jakarta Pusat yaitu ketersediaan dan kondisi sarana air bersih, toilet, tempat sampah, drainase, tempat cuci tangan, binatang penular penyakit dan desinfeksi pasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Instrument yang digunakan yaitu Pedoman wawancara terstruktur dibagi menjadi 3 bagian yaitu pedoman wawancara untuk 1 pengelola pasar, 5 petugas kebersihan dan 5 pedagang di pasar palmerah serta pedoman observasi menggunakan lembar check list. Penelitian ini dilakukan Di Pasar Palmerah Jakarta Pusat pada bulan Maret 2018. Hasil penelitian didapatkan bahwa pada Pasar Palmerah jarak antara septic tank dengan sumber air bersih belum sejauh 10 meter, kemudia pada variabel ketersediaan toilet di tiap los/kios belum tercukupi, ventilasi sudah lebih dari cukup yaitu > 20% dari luas kamar mandi, pencahayaan pada toilet Pasar Palmerah sudah lebih dari memenuhi syarat yaitu 114,3 lux, masih ada beberapa toilet yang kurang bersih dan bau kurang sedap. Pada beberapa los/kios di Pasar Palmerah belum terdapat tempat sampah. Adapun jarak antara bangunan pasar ke TPS belum minimal 10 meter dan masih terletak dijalur utama. Selain itu TPS pada Pasar Palmerah masih menjadi perindukan binatang vektor penyakit dan tidak ada pengelolaan antara sampah basah dan sampah kering. Selain itu pada variabel saluran pembuangan air limbah belum ada drainase dibeberapa kios/los, kondisinya cukup baik tetapi saluran SPAL tidak ditutup dengan kisi-kisi logam. Pada pasar palmerah belum tersedia tempat cuci tangan khusus seperti washtafel, kemudian di Pasar ini belum melaksanakan desinfeksi pasar selama 1 kali menyeluruh selama sebulan dan masih menggunakan bahan desinfektan yang mencemari lingkungan.
Kesimpulan dan saran dari penelitian ini yaitu sanitasi di Pasar Palmerah Jakarta Pusat belum sepenuhnya memenuhi syarat berdasarkan Kepmenkes (No.519/MENKES/SK/VI/2008), sehingga perlu ada peningkatan kualitas dan kondisi kebijakan dari pihak pengelola pasar serta perlu ada perbaikan, pembaharuan dan penambahan dari fasilitas-fasilitas sanitasi pasar yang ada di Pasar Palmerah Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:11
Last Modified: 18 Jul 2022 07:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item