Hubungan Sikap, Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut dan Pola Makan Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Siswa Kelas 3-5 di SDN Aren Jaya XVIII Bekasi Timur

Zahara, Dessi Jamila (2018) Hubungan Sikap, Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut dan Pola Makan Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Siswa Kelas 3-5 di SDN Aren Jaya XVIII Bekasi Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1405025029_DESSI JAMILA ZAHARA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1405025029_DESSI JAMILA ZAHARA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karies Gigi Dapat Menimbulkan Gangguan Fungsi Mengunyah Sehingga Dapat Menyebabkan Terganggunya Penyerapan Dan Pencernaan Makanan. Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Dipengaruhi Diantaranya Oleh Sikap Dan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut Dan Pola Makan. Kota Bekasi Termasuk Salah Satu Kota Di Jawa Barat Yang Tinggi Angka Prevalensi Kasus Gigi Karies Dimana Di Dalamnya Membawahi 31 Puskesmas. Berdasarkan Survei Pendahuluan Ditemukan Kasus Karies Gigi Pada Anak 7-11 Tahun Yang Perlu Perawatan Gigi, Karies Gigi Terbesar Berada Di Puskesmas Aren Jaya Bekasi Timur Yang Mencapai 3.940 Kasus. Tujuan Dari Penelitian Ini Yaitu Untuk Mengetahui Hubungan Sikap, Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut Dan Pola Makan Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Siswa Kelas 3-5 Di SDN Aren Jaya XVIII Bekasi Timur. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Deskriptif Dengan Menggunakan Desain Penelitian Cross Sectional Dengan Jumlah Sampel 74 Murid Yang Diperoleh Dengan Teknik Random Sampling. Data Yang Diperoleh Dianalisis Dengan Menggunakan Statistik Uji Chi- Square Dengan Derajat Kemaknaan ( A = 0,05 ). Hasil Penelitian Menunjukkan Tidak Ada Hubungan Antara Sikap Kesehatan Gigi Dengan Karies Gigi (P- Value=0.422) Di Sekolah Dasar Negeri Aren Jaya XVIII Bekasi Timur. Adanya Hubungan Antara Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut (P-Value=0.000) Dan Pola Makan (P-Value=0.000) Dengan Karies Gigi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Aren Jaya XVIII Bekasi Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:30
Last Modified: 18 Jul 2022 04:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15844

Actions (login required)

View Item View Item