Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di SMP Islam Arraudhoh

rahmanto, arifin Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di SMP Islam Arraudhoh. Jurnal Pendidikan Islam Uhamka.

[thumbnail of jurnal JPI_M.ARIFIN.pdf]
Preview
Text
jurnal JPI_M.ARIFIN.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penilitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam mengatasi
kesulitan membaca Al-Qur’an di SMP Islam Arraudhoh. Guru PAI memiliki peran
yang sangat penting dalam pembelajaran Al-Qur’an, sebab itu guru PAI harus
memperhatikan siswa khususnya memberikan perhatian lebih kepada siswa
yang masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dan alat pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI dan murid yang dipilih untuk
wawancara secara mendalam dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang
dibutuhkan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian didapatkan ada sekitar 15
murid dari 49 siswa yang masih mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an di
kelas IX SMP Islam Arraudhoh, dan guru PAI sudah melakukan peran dengan
sebaik-baiknya seperti, pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum mulai
pembelajaran, bekerja sama dengan guru lain, mengadakan les tambahan
membaca Al-Qur’an setelah pulang sekolah, dan juga dengan menggunakan
metode mengajar iqra, ceramah, klasikal dan privat dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Arifin Rahmanto
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:24
Last Modified: 18 Jul 2022 04:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item View Item