Hubungan Pendidikan, Pengetahuan dan Sikap Ibu Rumah Tangga Dengan Perilaku Penggunaan Garam Beriodium di Perumahan Sukatani Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang tahun 2019

Abesa, Anisa Sheren (2019) Hubungan Pendidikan, Pengetahuan dan Sikap Ibu Rumah Tangga Dengan Perilaku Penggunaan Garam Beriodium di Perumahan Sukatani Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang tahun 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1405025014_ ANISA SHEREN ABESA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1405025014_ ANISA SHEREN ABESA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsumsi garam beryodium merupakan program jangka panjang dari penanggulangan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) yang merupakan salah satu masalah gizi utama. Adapun salah satu indikator GAKY yang dianjurkan WHO yakni konsumsi garam beriodium oleh rumah tangga dimana indikator yang diharapkan adalah 90% rumah tangga menggunakan garam mengandung cukup iodium. Tujuan penelitian ini untuk menilai hubungan Pendidikan, pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga dengan perilaku penggunaan garam beriodium di Perumahan Sukatani Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectionaldengan jumlah sampel 60 orang yang dipilih secara acak dengan Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan cadangan 5 orang responden. Analisis statistic yang digunakan adalah dengan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki Pendidikan yang rendah (56,7%). Berdasarkan pengetahuan, sebanyak 75% responden memiliki tingkat pengetahuan yang kurang tentang iodium. Dan sebesar 88,3% ibu rumah tangga yang memiliki sikap positif terhadap perilaku penggunaan garam beriodium. Hasil uji analisis Fisher Exact menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara Pendidikan dan pengetahuan ibu rumah tangga dengan perilaku penggunaan garam beriodium di Perumahan Sukatani, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang tahun 2019 (p=0,000 dan p=0,000). Dan hasil uji analisis Fisher Exactjuga menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara sikap dengan perilaku penggunaan garam beriodium di Perumahan Sukatani Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang (p=0,068).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:05
Last Modified: 15 Jul 2022 04:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15828

Actions (login required)

View Item View Item