Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Konstruksi Di PT Wijaya Karya Realty Tamansari Hive Office Jakarta Tahun 2016

Selviamelia, Deby (2016) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Konstruksi Di PT Wijaya Karya Realty Tamansari Hive Office Jakarta Tahun 2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_120505020_DEBY SELVIAMELIA.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_120505020_DEBY SELVIAMELIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan Kerja disebabkan oleh dua penyebab utama yaitu unsafe action (factor manusia) dan unsafe condition (faktor lingkungan). Faktor manusia mempengaruhi tinggi seperti kelelahan kerja. Kelelahan kerja adalah kondisi menurunnya efisiensi dan ketahanan kerja yang dapat menurunkan kinerja fisik dan produktivitas kerja. Dari studi pendahuluan yang dilakukan diketahui bahwa sekitar 53,85 % pekerja mengalami kelelahan yang mengakibatkan kecelakaan kerja sekitar 22,6 % di tahun 2015. Untuk itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan, pengukuran kelelahan dan cara mengatasi kelelahan. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif analitik non eksperimen. Penentuan informan dari teknik aksidental sampling, pengumpulan data dengan kuisioner yang mengacu pada IFRC (International Fatigue Research Committee). Teknik analisis data dengan pengujian chi square.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Perpustakaan Uhamka
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:10
Last Modified: 14 Jul 2022 07:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15822

Actions (login required)

View Item View Item