Pendidikan Karakter dalam Buku Antologi "Cerita Anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi"

Widaryanti, Titi (2020) Pendidikan Karakter dalam Buku Antologi "Cerita Anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi". Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1809057058_TITI WIDARYANTI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1809057058_TITI WIDARYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter dalam buku antologi Cerita Anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi karya Tim Komunitas Penggerak Literasi Kabupaten Bekasi. Untuk mengetahui hal tersebut,
maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kumpulan Cerita Anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi memiliki nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai karakter religius, integritas, gotong royong, kemandirian, dan nasionalisme. Dari hasil analisis nilai – nilai karakter dalam buku antologi “Cerita anak Muatan Lokal Berkarakter Kabupaten Bekasi” tersebut bahwa cerita – cerita tersebut mengandung nilai – nilai karakter yang bisa dijadikan contoh para siswa dalam kehidupan. Oleh karena itu, buku tersebut dapat digunakan sebagai sumber bahan bacaan pada kelas IX tingkat SMP untuk materi cerpan dan cerita inspiratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, antologi, cerita anak
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:23
Last Modified: 18 Jul 2022 04:23
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15808

Actions (login required)

View Item View Item