Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen

Yusup, Muhamad (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1809057062_MUHAMAD YUSUP.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1809057062_MUHAMAD YUSUP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe picture and picture dan project based learning dan minat belajar terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 82 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 82 Jakarta, kelas XI semester genap. Tahun ajaran 2019/2020.Penelitian
eksperimen ini menggunakan faktorial 2x2 karena masing-masing variabel dua taraf.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini random sampling yang diambil sebanyak 72 yang
berada di kelas XI IPA 1 sebanyak 36 diajar dengan menggunakan tipe picture and picture dan di kelas XI IPA 2 sebanyak 36 diajar menggunakan tipe project based learning.
Berdasarkan skor yang diperoleh dalam tes keterampilan menulis cerpen yang diajar dengan tipe picture and picture memperoleh skor empirik minimum 62 dan skor maksimum 96.
Sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan tipe project based learning mendapatkan skor empirik 56 dan skor maksimum 84. Hasil perhitungan skor keragaman dengan menggunakan SPSS 22.0 diperoleh mean skor 80,58; modus 76; median 78;varian 102,19 simpangan baku 10,11 kemampuan menulis cerpen siswa dengan tipe picture and picture. Skor kemampuan menulis cerpen siswa dengan tipe project based learning diperoleh mean 69,64; median 70, varian 53,21;simpangan baku 7,29. Hasil perhitungan ukuran pusat dan letak serta keragaman skor hasil kemampuan menulis cerpen yang memiliki minat belajar tinggi dengan model tipe picture and picture dan project based learning menggunakan SPSS 22.0 diperoleh mean skor 82,04;modus 96; median 81,50; varian 76,05 simpangan baku 8,72.Sedangkan kemampuan menulis cerpen siswa yang memiliki minat rendah yang diajar dengan model tipe picture and picture dan project based learning diperoleh ; mean 68,17; modus 67; median 67, varian 41,74; simpangan baku 6,46. Bedasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Kemampuan menulis cerpen siswa yang diajar dengan model tipe picture and picture lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model tipe project based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, project based learning, minat belajar, keterampilan menulis, Menulis cerpen
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:23
Last Modified: 18 Jul 2022 04:23
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item View Item