Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Konveksi Di Wilayah Jurangmangu Timur Tangerang Selatan Tahun 2016

Suriati, Lily (2016) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Konveksi Di Wilayah Jurangmangu Timur Tangerang Selatan Tahun 2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1205015063_LILY SURIATI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1205015063_LILY SURIATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelelahan pada umumnya dapat menurunkan efisiensi dan berkurangnya ketahanan tubuh untuk dapat bekerja yang ditandai dengan kondisi melemahnya tenaga dan berdampak pada penurunan produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pada pekerja konveksi di Wilayah Jurangmangu timur tangerang selatan tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional yang dilakukan pada bulan Juli 2016. Sampel penelitian ini berjumlah 86 orang dengan menggunakan teknik sampel purposive, dengan menggunakan data primer berupa pengukuran dan wawancara (kuesioner). Data akan dianalisis secara univariat dan bivariat. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pekerja yang mengalami kelelahan kerja yaitu sebesar 76.7%, sebagian besar pekerja berumur >30 tahun, berjenis kelamin laki-laki, memiliki masa kerja > 5 tahun, memiliki status gizi yang normal, memiliki kondisi tubuh yang sehat, memiliki kebiasaan merokok, memiliki beban kerja yang tidak berat dan memiliki postur kerja dengan risiko sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara variabel umur dan masa kerja dengan kelelahan kerja pada pekerja konveksi di Wilayah Jurangmangu Timur Tangerang Selatan tahun 2016 dengan Pvalue < 0,05 dan nilai PR masing-masing variabel (1.426) dan (1.379). Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar pekerja dapat mengurangi kebiasaan merokok dan membiasakan bekerja dengan posisi kerja yang benar, duduk dengan punggung tegak dan kepala tidak terlalu membungkuk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Perpustakaan Uhamka
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:39
Last Modified: 14 Jul 2022 04:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15805

Actions (login required)

View Item View Item