Peningkatan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan metode skimming dan scanning pada siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung

Juariah, Juariah (2020) Peningkatan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan metode skimming dan scanning pada siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1809057065_JUARIAH.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1809057065_JUARIAH.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung dengan teknik skimming dan scanning. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Teknik skimming dan scanning dapat meningkatkan
kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung. Teknik skimming dan scanning dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung. Populasi penelitian ini adalah 42 siswa kelas V SDN Wanasari 12 Cibitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian TindakanKelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan
(observasi), dan refleksi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan wawancara. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran siswa. Sedangkan tes dilakukan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan teknik skimming dan scanning. Dilihat dari persentase Tingkat kemampuan membaca mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai siklus II. Dari siklus I sebesar 45,23 % dan menglami peningkatan pada siklus II sebesar 100 % . peningkatan juga terlihat dari hasil tes kemampuan memahami isi bacaan dengan metode Skimming dan Scanning mulai dari siklus I sampai siklus II. Dari siklus I sebesar 50 % dan menglami peningkatan pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian di siklus II siswa dapat mencapai indikator ketercapaian kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan metode Skimming dan Scanning. Kemampuan siswa dalam membaca cepat dan memahami isi bacaan dengan metode Skimming dan Scanning juga meningkat. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan membaca cepat dapat ditingkatkan melalui teknik
skimming dan Scanning. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan teknik skimming dan scanning ditentukan oleh peranan guru sebagai stimulator. Apalagi penelitian sempat terbentur dengan adanya Pandemi Covid- 19. Prinsip ini mengandung makna bahwa keberadaaan Pembelajaran dengan teknik skimming dan scanning ini akan menjadi sebuah metode pembelajaran yang baik untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat dan memahami isi bacaan jika guru dapat mendorong semua pengetahuan awal yang dimiliki siswa dan
mengembangkannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Membaca Cepat, Memahami isi bacaan, Teknik skimming dan scanning
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:23
Last Modified: 18 Jul 2022 04:23
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15802

Actions (login required)

View Item View Item