Peran Koordinator The Jak Mania Pasar Minggu Jakarta Selatan Dalam Meningkatkan Solidaritas Kelompok

Muna, Izzatul (2020) Peran Koordinator The Jak Mania Pasar Minggu Jakarta Selatan Dalam Meningkatkan Solidaritas Kelompok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FPSI_PSIKOLOGI_1606015226_IZZATUL MUNA.pdf]
Preview
Text
FPSI_PSIKOLOGI_1606015226_IZZATUL MUNA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

The Jakmania adalah kelompok pendukung tim sepak bola Persija yang terbentuk karena suatu alasan, yaitu sama-sama mendukung tim sepak bola Persija dan berupaya untuk mengorganisir para pendukung Persija. Kehadiran The Jak Mania Pasar Minggu tidak hanya sekedar kumpul saja, mereka membuat kegiatan-kegiatan yang positif untuk membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan. Hal itu tercipta karena adanya Peran Koordinator di dalam organisasi The Jak Mania Pasar Minggu.

Peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori Peran Bidlle Thomas. Teori Peran Bidlle Thomas untuk menjelaskan bagaimana aktor dapat mempengaruhi targetnya dalam situasi tertentu, di organisasi perlu kita tahu bahwa peran koordinator sangat penting karena peran yang mereka lakukan sangat berpengaruh untuk jalannya organisasi The Jak Mania Pasar Minggu ini, terlebih masyarakat memiliki pandangan yang negatif terhadap suporter bola.

Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka dengan metode studi kasus. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Data yang diperoleh disusun sebagai narasi yang panjang yang mendasar pada konsep dan teori.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran yang dilakukan oleh Koordinator sudah sangat baik untuk dapat merubah pandangan masyarakat terhadap suporter sepak bola. Melalui kegiatan-kegiatan yang positif, seperti kegiatan yang berguna untuk masyarakat sekitar. Koordinator juga mengambil peran dimasa pandemi ini melalui kegiatan pembuatan masker. Organisasi The Jak Mania Pasar Minggu dapat dicontoh bagi para suporter bola yang lain untuk menciptakan citra diri yang positif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: BD Speculative Philosophy > BF Psychology
Skripsi
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: libpsi libpsi libpsi
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:12
Last Modified: 14 Jul 2022 03:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15792

Actions (login required)

View Item View Item