Naratologi dan Aspek Semiotik Dalam Novel Lain Waktu Karya Hilmi Abedillah.

Hasanah, Uswatun dan Yanti, Prima Gusti dan Riadi, Sugeng (2020) Naratologi dan Aspek Semiotik Dalam Novel Lain Waktu Karya Hilmi Abedillah. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1809057029_USWATUN HASANAH.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1809057029_USWATUN HASANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendapatkan informasi mengenai naratologi berdasarkan waktu naratif, modus naratif dan suara naratif dalam novel Lain Waktu. 2) Untuk mendapatkan informasi mengenai ikon, indeks dan tanda pada aspek semiotik dalam novel Lain Waktu. 3) Untuk mendapatkan informasi mengenai keterkaitan antara kajian naratologi dan aspek semiotik dalam novel Lain Waktu.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menganalisis karya sastra dengan mendeskripsikan fakta-fakta yang ditemukan kemudian dianalisis dengan kajian yang ditentukan. Adapun data penelitian diambil dengan mengkaji Naratologi dan Aspek Semiotik yang terdapat dalam novel tersebut. . Data-datanya berupa teks, bersumber dari buku teori Naratologi, teori Semiotik dan buku penelitian sastra serta dibantu juga dengan tabel analisis. Berdasarkan analisis data, hasil analisis ditemukan melalui analisis nartologi dan semiotik. Pada kajian naratologi dilihat berdasarkan teori Genette yaitu a) waktu naratif, b) modus naratif dan c) suara naratif. Serta aspek semiotik novel berdasarkan teori Saussere yaitu, a) ikon, b) indeks, dan c) simbol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Novel Lain Waktu, Naratologi, Aspek Semiotik, naratologi
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:48
Last Modified: 12 Jul 2022 08:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15767

Actions (login required)

View Item View Item