Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan motivasi menulis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa

Hilmanuddin, Iman dan Tarmini, Wini dan Safii, Imam (2020) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan motivasi menulis terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1609057030_IMAN HILMANUDDIN.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1609057030_IMAN HILMANUDDIN.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini dilakukan di SMP MBS KS Bekasi, kelas VIII pada semester ganjil. Tahun ajaran 2019 – 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan deasin factorial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian hasil motivasi menulis dengan penyebaran angket motivasi menulis siswa. Analisis data terdiri dari pengujian instrument selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Pengajuan hipotesis dengan uji Tukey Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa: (1) keterampilan menulis eksposisi pada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran GI lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model pembeljaaran STAD yaitu Thitung =5,22 > Ttabel = 1,73 (2) keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang memiliki motivasi tinggi pada kelas eksperimen dan diberi model pembelajaran GI lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran STAD, yaitu Thitung = 3,31 > Ttabel = 1,73 (3) hasil keterampilan menulis siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas kontrol dan diberi model GI lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model STAD, yaitu Th = 2,11 > Ttabel = 1,73 (3) terdapat pengaruh antara model pembeleajaran koooperatif tipe group investigation (GI) dengan motivasi menulis terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa yaitu, Fh = 1,75 > Ft = 1,73 Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe groupinvestigation dan motivasi menulis siswa berpengaruh terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation, Motivasi Menulis, Menulis Eksposisi
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:34
Last Modified: 13 Jul 2022 03:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15751

Actions (login required)

View Item View Item