Hubungan Tingkat Pendidikan, Proporsi Pengeluaran Pangan, Asupan Energi, Zat Gizi Makro dan Vitamin A dengan Status Gizi Penderita TB Paru pada Fase Lanjutan di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru

Kurniawati, Linda dan Maulida, Nursyifa Rahma (2018) Hubungan Tingkat Pendidikan, Proporsi Pengeluaran Pangan, Asupan Energi, Zat Gizi Makro dan Vitamin A dengan Status Gizi Penderita TB Paru pada Fase Lanjutan di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_ 1405025065 _LINDA KURNIAWATI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_ 1405025065 _LINDA KURNIAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Sebagian besar kuman TB menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya. Keberhasilan pengobatan penderita TB Paru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu keteraturan berobat, lama pengobatan, pengawas minum obat (PMO), dan status gizi. Beberapa faktor yang berhubungan dengan status gizi pada pasien TB paru adalah tingkat kecukupan energi, karbohidrat, protein, tingkat pendidikan, ketahanan pangan, dan infeksi TB dengan HIV dan DM. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan, proporsi pengeluaran pangan, asupan energi, zat gizi makro, dan vitamin A dengan status gizi penderita TB Paru pada fase lanjutan di Puskesmas Kebayoran Baru. Rancangan penelitian adalah cross sectional yang dilakukan pada 44 penderita TB Paru pada fase lanjutan di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru pada bulan Agustus 2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Uji Chi Square menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara proporsi pengeluaran pangan (p=0,04), asupan energi (p=0,00), protein (p=0,00), lemak (p=0,00), karbohidrat (p=0,00), dan vitamin A (p=0,00) dengan status gizi penderita TB Paru pada fase lanjutan di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru. Tidak terdapat hubungan signifikan antara tingkat pendidikan dan asupan vitamin A dengan status gizi penderita TB Paru pada fase lanjutan di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:18
Last Modified: 06 Jul 2022 04:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15740

Actions (login required)

View Item View Item