Analisis Pelaksanaan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 54/DSN-MUI/X/2006, tentang Kartu Kredit Syariah pada PT Bank BNI Syariah

Aprilia, Dinah dan Lestari, Nur Melinda (2018) Analisis Pelaksanaan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 54/DSN-MUI/X/2006, tentang Kartu Kredit Syariah pada PT Bank BNI Syariah. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_ 1407025156  _ DINAH APRILIA.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_ 1407025156 _ DINAH APRILIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam perjalannya BNI Syariah telah mengeluarkan beberapa produk diantaranya kartu kredit yang diberi nama iB hasanah card. iB hasanah card menggunakan tiga akad yaitu kafalah, qard dan ijarah dan adanya batasan dalam transaksi. Sebagai bank syariah, BNI Syariah berusaha untuk selalu menerapkan prinsip-prinsip syariah. Dapat dilihat dari usaha-usaha BNI Syariah dalam menyempurnakan produk kartu kredit syariahnya, dan evaluasi kesesuaian iB hasanah card dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 54/DSN-MUI/X/2006, tentang kartu kredit syariah. Salah satunya dengan memberikan kode pada merchant yang halal dan hanya dapat digunakan pada merchant yang halal dan sesuai dengan syariah saja. Kartu kredit memberikan kemudahan sebagai alat pembayaran dan dapat digunakan untuk menarik uang tunai. Namun disisi lain kartu kredit dikhawatirkan akan menimbulkan israf (pemborosan). Untuk menghindari terjadinya israf BNI Syariah memberikan pagu maksimal pembelanjaan pada nasabah berdasarkan kemampuan finsncial nasabah. Dan adanya ta‟widh sebagai biaya ganti rugi yang ditetapkan berdasarkan jangka waktu . Namun pernyataan tersebut telah dihapuskan karena mengandung unsur time velue of money sehingga hal tersebut haram dan mengandung riba. Dalam penyusunan skripsi ini jenis penelitian yang dilakukan adalah library research yang dilakukan dengan cara kepustakaan dengan mengkaji data-data kepustakaan yang bersumber dari buku-buku, karya tulis terdahulu, jurnal, website dan Fatwa DSN-MUI mengenai syariah card. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penyusunan skripsi ini dengan melakukan penelitian kepusatakaan, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil analisis penyusun, bahwa kartu kredit iB hasanah card sudah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 54/DSN-MUI/X/2006, tentang kartu kredit syariah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:56
Last Modified: 05 Jul 2022 03:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15704

Actions (login required)

View Item View Item