Pengaruh NPF, FDR, ROE Dan BOPO Terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) Pada Bank Bni Syariah Periode 2011-2017

Jannah, Dina Wardatul dan Prakoso, Priyo (2018) Pengaruh NPF, FDR, ROE Dan BOPO Terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) Pada Bank Bni Syariah Periode 2011-2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PERBANKAN SYARIAH_ 1407025036  _ DINA WARDATUL JANNAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PERBANKAN SYARIAH_ 1407025036 _ DINA WARDATUL JANNAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permodalan merupakan faktor penting bagi perbankan, permodalan dapat diukur dengan nilai Capital Adequacy Ratio, Dimana Capital Adequacy Ratio adalah rasio kinerja bank sebagai pengukur kecukupan modal yang dimiliki bank untuk menunjang aktiva yang mengandung atau menghasilkan risiko, misalnya pembiayaan yang diberikan. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap tingkat kesehatan bank antara lain adalah kualitas aktiva produktif, likuiditas, profitabilitas dan efisiensi yang dapat diwakili dengan rasio-rasio keuangan yang dapat digunakan untuk memprediksi kesehatan dari segi capital (CAR).
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Non Performing Finance (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Return on Equity (ROE) dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR) Pada Bank BNI Syariah Periode 2011-2017. Data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari laporan keuangan BNI Syariah yang telah dipublikasikan. Sedangkan untuk menjawab dari hipotesis menggunakan metode Ordinary Least Square analisis regresi berganda, uji t, uji f, uji koefisien determinasi serta uji asumsi klasik. Dengan dibantu software microsoft excel 2010 dan Eviews versi 9.0.
Berdasarkan uji signifikansi simultan (uji statistik F), maka dapat dilihat secara simultan (secara bersama-sama) bahwa semua variabel berpengaruh terhadap Capital Adequacy Ratio (CAR). Karena tingkat probabilitas Sig. Sebesar 0,000001 (lebih kecil dari 0,05%). Kemudian berdasarkan uji t (secara parsial) variabel NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap CAR, sedangkan variabel ROE berpengaruh signifikan positif terhadap CAR dengan nilai signifikan 0,0387, variabel FDR sebesar 0,0120 dan BOPO sebesar 0,0000 yang artinya berpengaruh signifikan negatif terhadap CAR. Nilai koefisien determinasi yang didapat dari hasil penelitian ini sebesar 70,66% variabel independen penelitian ini mempengaruhi nilai CAR.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:50
Last Modified: 05 Jul 2022 03:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item View Item