Analisis Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Desa Bojongkulur Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor

Pratiwi, Finatiya dan Ali Sya'ban, Ali (2020) Analisis Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Desa Bojongkulur Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1601095016_FINATIYA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1601095016_FINATIYA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Desa Bojongkulur Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua kepala keluarga yang terkena dampak bencana banjir di Desa Bojongkulur yang berjumlah 6.669 kepala keluarga terdiri dari 27 RW. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 kepala kelurga yang diambil dari jumlah seluruh kepala keluarga di 27 RW tersebut dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel propotional random sampling. Variabel penelitian ini meliputi: pengetahuan dan sikap, rencana tanggap darurat, sistem peringatan bencana, dan mobilitas sumberdaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Desa Bojongkulur Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor tergolong pada kategori “hampir siap” rata-rata skor dari nilai keseluruhan responden yang menunjukkan angka 64,37.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 02 Jul 2022 08:54
Last Modified: 02 Jul 2022 08:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15683

Actions (login required)

View Item View Item