Kajian Pendapatan Petani Pasca Adanya Pertambangan Batu Andesit (Studi Komparasi Pendapatan Petani di Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Sebelum dan Sesudah Adanya Pertambangan Batuan Andesit)

Natasya, Melanita dan Dahlia, Siti (2020) Kajian Pendapatan Petani Pasca Adanya Pertambangan Batu Andesit (Studi Komparasi Pendapatan Petani di Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Sebelum dan Sesudah Adanya Pertambangan Batuan Andesit). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1601095006_MELANITA NATASYA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1601095006_MELANITA NATASYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan ekonomi masyarakat Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor sebelum dan setelah dibukanya pabrik pengolahan batu andesit. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk yang bekerja sebagai buruh tambang batu andesit di Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. Sampel pada penelitian ini sebanyak 75 sebagian penduduk dari populasi 1.500 penduduk. Metode pengambilan sampel menggunakan metode deskriptif kuantitatif komparatif pengambilan sampel sumber data dilakukan secara random sampel. Analisis data menggunakan metode analisis deskripsi berdasarkan hasil data kuesioner. Hasil penelitian diketahui bahwa pendapatan ekonomi masyarakat Desa Rengasjajar Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor sebelum adanya pertambangan pendapatan tertinggi yang dimiliki yaitu sebesar Rp 3.100.000 – Rp 4.000.000 sebanyak 9 jiwa dengan persentase 12%. Sementara itu, pendapatan terendah yang dimiliki yaitu sebesar Rp ≤ Rp 1.000.000 sebanyak 1 jiwa dengan persentase 1,3%. Sesudah adanya pertambangan pendapatan tertinggi yang dimiliki yaitu ≥ 6.100.000 sebanyak 7 jiwa dengan persentase 9,3%. Sementara itu, pendapatan terendah yang dimiliki yaitu sebesar Rp 3.000.000 sebanyak 19 jiwa dengan persentase 25,3%. Hal ini menunjukkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari adanya pertambangan batuan andesit di desa yaitu terjadinya perubahan pada mata pencaharian masyarakat Desa Rengasjajar dari sektor pertanian ke sektor pertambangan dan pengangguran usia produktif di Desa Rengasjajar dapat bekerja di sektor pertambangan. Pertambangan juga menjadi peluang usaha bagi masyarakat di Desa. Terjadinya mobilitas pada masyarakat Desa Rengasjajar dalam bidang pekerjaannya yang menyebabkan terjadinya peningkatan pendapatan dan merubah taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 02 Jul 2022 08:49
Last Modified: 02 Jul 2022 08:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item View Item