Kajian Pendapatan Nelayan Pasca Reklamasi (Studi Komparasi Pendapatan Nelayan di Kampung Nelayan Kelurahan Pluit Sebelum dan Sesudah Reklamasi Teluk Jakarta

Ilhami, Nida Cahya dan Winarno, Winarno dan Dahlia, Siti (2019) Kajian Pendapatan Nelayan Pasca Reklamasi (Studi Komparasi Pendapatan Nelayan di Kampung Nelayan Kelurahan Pluit Sebelum dan Sesudah Reklamasi Teluk Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1501095026_NIDA CAHYA ILHAMI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1501095026_NIDA CAHYA ILHAMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pendapatan nelayan sebelum dan sesudah adanya reklamasi Teluk Jakarta di Kampung Nelayan Kelurahan Pluit. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan tujuan deskriptif. Penentuan wilayah penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Nelayan Kelurahan Pluit. Banyaknya populasi 108 KK. Pengambilan sampel ditentukan menggunakan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara yang dipandu dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada perbedaan pendapatan nelayan sebelum dan sesudah reklamasi. Perbedaan pendapatan nelayan sebelum dan sesudah reklamasi hanya terdapat pada segi pendapatan bersih perbulan nelayan yang dimana terjadi perubahan pendapatan yang sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan uji t-tes yang menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel (21.324 > 2,040). Rata – rata pendapatan bersih perhari nelayan sebelum reklamasi di Kelurahan Pluit sebesar ± Rp. 2.000.000, dan pendapatan bersih perhari nelayan setelah reklamasi di Kelurahan Pluit sebesar ± Rp. 500.000. Dengan selisih pendapatan perbulan sebesar ± Rp 25.000.000. Hal ini menunjukan bahwa pendapatan bersih nelayan lebih rendah sesudah reklamasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 02 Jul 2022 08:12
Last Modified: 02 Jul 2022 08:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item