Hubungan antara Faktor Personal, Faktor Makanan, dan Faktor Lingkungan terhadap Daya Terima Makan Siang Asrama pada Siswa MTS Al Hamidiyah, Depok, Jawa Barat

Sofyaningsih, Mira dan Faridi, Ahmad (2016) Hubungan antara Faktor Personal, Faktor Makanan, dan Faktor Lingkungan terhadap Daya Terima Makan Siang Asrama pada Siswa MTS Al Hamidiyah, Depok, Jawa Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1305025095_SILVIANI J PRISSA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1305025095_SILVIANI J PRISSA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Agar makanan yang disajikan tetap terjaga kualitasnya, maka makanan yang disajikan harus dievaluasi. Salah satu caranya adalah dengan mengevaluasi daya terima makanan. Keberhasilan suatu penyelenggaraan makanan dapat dilihat dari ada tidaknya sisa makanan. Sisa makanan merupakan salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan penyelenggaraan makan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara faktor personal, faktor makanan, dan faktor lingkungan terhadap daya terima makan siang pada siswa MTS Al Hamidiyah, Depok, Jawa Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MTS Al Hamidiyah berjumlah 81 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel dengan teknik systematic random sampling, pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil uji statistic menunjukkan, ada hubungan antara jenis kelamin (pvalue 0,00) dan penampilan makanan (pvalue 0,011) dengan daya terima dan tidak hubungan antara rasa makanan (pvalue 0,515), pelayanan makanan (pvalue 0,267), dan kondisi ruang makan (pvalue 1,000) dengan daya terima. Disarankan perlu dilakukan evaluasi terhadap menu yang telah dibuat untuk menilai tingkat kesukaan, meliputi segi penampilan dan rasa makanan, agar daya terima makan siang siswa MTS Al Hamidiyah Depok, Jawa Barat dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:48
Last Modified: 02 Jul 2022 04:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15665

Actions (login required)

View Item View Item