Hubungan Status Gizi, Asupan Cairan, Kebiasaan Minum dan Pengetahuan Hidrasi dengan Status Hidrasi pada Petugas Pelaksana Sarana-Prasarana Umum di Kelurahan Pondok Ranggon Jakarta Timur Tahun 2017

Zakiya, Putri Nur Cazmi dan Furqan, Mohammad dan Faridi, Ahmad (2016) Hubungan Status Gizi, Asupan Cairan, Kebiasaan Minum dan Pengetahuan Hidrasi dengan Status Hidrasi pada Petugas Pelaksana Sarana-Prasarana Umum di Kelurahan Pondok Ranggon Jakarta Timur Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1305025079_PUTRI NUR CAZMI ZAKIYA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1305025079_PUTRI NUR CAZMI ZAKIYA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dehidrasi merupakan suatu keadaan dimana tubuh banyak kehilangan cairan. Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan kualitas kerja dan konsentrasi daya ingat. Dampak dehidrasi jangka pendek dapat dirasakan secara langsung ketika tubuh kekurangan cairan. Status hidrasi dapat dipengaruhi oleh status gizi, asupan cairan hingga kebiasaan minum. Status hidrasi dapat diperiksa dengan cara membandingkan warna urin dengan skala warna urin atau skala PURI (Periksa Urin Sendiri). Penelitian ini menggunakan metode cross sectional untuk mengetahui hubungan dari setiap variabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 2.9% petugas yang berstatus gizi sangat kurus, 7.4% kurus, 57.4% normal, 8.8% overweight dan 23.5% yang obesitas. Diketahui 47.1% responden terhidrasi dengan baik, 42.6% dehidrasi ringan dan 10.3% mengalami dehidrasi berat. Diketahui 73.5% responden memiliki kebiasaan minum yang baik, 2.9% responden memiliki kebiasaan minum sedang dan 23.5% responden memiliki kebiasaan minum buruk. Diketahui 41.2% responden mengasup cukup cairan dan 58.8% responden mengasup kurang cairan. Diketahui sebanyak 92.6% memiliki pengetahuan hidrasi baik dan sebanyak 7.4% berpengetahuan kurang. Pada penelitian ini, diketahui bahwa ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan status hidrasi, ada hubungan yang bermakna antara kebiasaan minum dengan status hidrasi, ada hubungan yang bermakna antara asupan cairan dengan status hidrasi dan tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan hidrasi dengan status hidrasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:21
Last Modified: 02 Jul 2022 04:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item View Item