Hubungan Status Merokok, Konsumsi Alkohol Asupan Energi dan Zat Gizi Maktro dengan Status Gizi Anak Jalanan di Jakarta Selatan Tahun 2016.

Hayati, Illa dan Alib Birwin, AB dan Faridi, Ahmad (2016) Hubungan Status Merokok, Konsumsi Alkohol Asupan Energi dan Zat Gizi Maktro dengan Status Gizi Anak Jalanan di Jakarta Selatan Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025092_IILLA HAYATI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025092_IILLA HAYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prevalensi masalah gizi ganda pada remaja di Indonesia seperti gizi kurang, dan gizi lebih, hingga saat ini masih tinggi dan belum terselesaikan. Selain itu, masalah tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit degeneratif dimasa yang akan datang (Fauzi, 2012). Masalah status gizi akan menjadi lebih kompleks jika terjadi pada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau pada anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan status merokok, konsumsi alkohol, dan asupan zat gizi makro dengan status gizi anak jalanan di Jakarta Selatan. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional, yang di lakukan pada bulan Juli-Agustus 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah anak jalanan di daerah Jakarta Selatan yang berjumlah 30 anak jalanan dengan menggunakan qouta sampling . Data yang dikumpulkan adalah data primer yang dilakukan melalui wawancara langsung dengan responden melalui kuesioner yang telah di persiapkan. Hasil penelitian diketahui terdapat variabel yang berhubungan dengan status gizi adalah status merokok (p-value 0.044), asupan energi (p-value 0.004) dan asupan lemak dengan (p-value 0.047), sedangkan konsumsi alkohol (p-value 0.132) asupan protein (p-value 0.108) dan asupan karbodirat (p-value 0.132) tidak ditemukan adanya hubungan dengan status gizi. Peneliti merekomendasikan untuk di lakukan penelitian yang serupa dengan jumlah populasi yang lebih luas dengan menggunakan desain penelitian yang dapat menggambarkan sebab akibat, serta responden lebih memperhatikan asupan makan, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol. Di harapkan kepada Dinas Sosial Jakarta memberikan promosi dan edukasi kepada anak jalanan di Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:05
Last Modified: 02 Jul 2022 04:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15659

Actions (login required)

View Item View Item